Di Bali, Hilton Beli "Steak" Rp 600.000 untuk Anjing

BALI - Uang bukanlah soal bagi sosialita Hollywood,Paris More...

Keluarga Miskin di Bali Rawan Alami Krisis Pangan

Selasa, 08 November 2011 18:19

Keluarga "Miskin" Rawan Krisis Pangan
DENPASAR - Ribuan keluarga miskin di Bali terancam mengalami krisis pangan karena tidak .....memiliki aksesibilitas pangan yang cukup memadai.

"Pada 2010, terdapat 132.351 keluarga miskin di Bali. Kalau sampai sekarang tidak ditangani secara serius, maka aksesibilitas pangan mereka rawan krisis," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Bali, I Putu Astawa, Selasa (8/11).

Untuk mengatasi persoalan tersebut, perlu kecermatan dan optimalisasi kebijakan pangan yang berpihak kepada keluarga miskin di provinsi yang banyak menyumbangkan devisa negara dari sektor pariwisata itu.

Sejauh ini BPMPD Bali telah berupaya semaksimal mungkin mencukupi kebutuhan pangan bagi masyarakat di perdesaan dengan harga terjangkau.

Menurut Astawa, ada empat aspek pemenuhan pangan bagi masyarakat miskin yang menjadi prioritas utama
BPMPD, yakni tingkat ketersediaan, jalur distribusi, konsumsi, dan keamanan pangan.

"Keamanan pangan ini menjadi penting karena saat ini peredaran pangan yang mengandung bahan-bahan kimia dan tidak memenuhi standar kesehatan makin tak terkendali," katanya menjalaskan.

Ia juga mendorong masyarakat perdesaan untuk kembali menghidupkan lumbung-lumbung pangan melalaui pendekatan berdimensi kearifan lokal. "Teknologi pertanian yang berkembang saat ini harus menghasilkan produk pangan yang bermutu. Hal ini juga harus didukung ketersediaan lahan pertanian dan kecukupan air," katanya.

Mengutip Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007, Astawa mengingatkan bahwa, ketahanan pangan menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. "Sebab itu, pemerintah kabupaten/kota harus bisa menyediakan lahan dan fasilitas pertanian yang memadai serta bimbingan yang optimal kepada para petani," katanya.


sumber : MICOM


Berita Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar